Panwaslu Kecamatan Bayongbong Gelar Bimtek untuk Seratus Lebih PTPS

dramedia.id.- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Bayongbong, menggelar Bimbingan Teknis kepada 155 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dari 18 Desa se Kecamatan Bayongbong, di Aula Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (05/06/2018).

Ketua Panwaslu Kecamatan Bayongbong, H. Agus Nazar dalam sambutannya menjelaskan, Kegiatan Bimtek ini bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta apa saja tugas, wewenang dan kewajiban Pengawas TPS sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 pasal 114, 115, dan pasal 116.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Pemilu Panwaslu Kabupaten Garut, Ahmad Nurul Syahid, S.Pd.I. mengatakan Kehadiran Pengawas TPS di perhelatan Pilkada, sebagai amanah UU No. 10 tahun 2016, tentang perubahan kedua atas UU No. 1 tahun 2015, tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No. 1 tahun 2014, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-undang.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Pemilu Panwaslu Kabupaten Garut, Ahmad Nurul Syahid, S.Pd.I.***/Foto: Hendra YG

“Menjadi sesuatu yang sangat strategis dalam upaya memaksimalkan tugas pengawasan pelaksanaan Pemilukada yang dilakukan dengan prinsip kejujuran, transparan dan demokratis. Oleh karena itu, keberadaan Pengawas TPS sangat penting sebagai ujung tombak dan garda terdepan untuk memastikan semua proses persiapan dan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara berjalan sesuai prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Berdasarkan pada Pasal 27 Ayat (1) Undang-Undang No 10 Tahun 2016 dijelaskan bahwa dalam melaksanakan tugas pengawasan, PPL dibantu 1 orang PTPS di masing-masing TPS berdasarkan usulan PPL kepada Panwaslu Kecamatan.

“Ya, ini mandat undang-undang, pembentukan Pengawas TPS dalam rangka pengawasan di setiap TPS-TPS yang ada dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah. Pelantikan dan Bimtek (diadakan) serentak se-Kabupaten Garut. Tercatat sebanyak 4.719 TPS tersebar di 442 Kelurahan/Desa yang ada di Kabupaten Garut,” ungkapnya. (Hendra YG)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.