Cecep Lutvi Asal Garut, Juara II Event iNews Mojoc 2019

dramedia.id,- Perusahaan besar yang bergelut dibidang informasi PT. MNC Televisi Network selanjutnya disebut sebagai iNews, menggelar Event iNews Mojoc (Mobile Journalist Competition)  2019 serentak di seluruh Nusantara, diantaranya Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Medan, Palembang, Denpasar, dan Makasar. Rabu (24/04/2019).

Coach iNew Mojoc Luky menjelaskan Dunia berada ditangan kita, Smartphone for smart people – Teknologi  yang makin canggih dan berkembang pesat akhir-akhir ini tidak hanya membuka peluang bisnis bagi para penggiat online shop yang kemudian menjamur seiring berjalannya waktu.

Ia menambahkan, iNews Mojoc 2019 memberi kesempatan kepada kaum muda yang sudah terbiasa menggunakan kamera handphone yang dikonversi menjadi sebuah vlog atau konten di YouTube untuk menjadi jurnalis yang mandiri.

“Mandiri disini berarti mereka bisa mencari berita sekaligus menjadi reporter, kameramen dan editor,” jelasnya.

Persyaratannya pun bisa terbilang mudah, para peserta diwajibkan untuk membuat video seputar isu menarik yang ada di lingkungan mereka, baik itu tentang wisata, hukum ataupun sosial.

Ia menuturkan, Para pesertapun bermunculan mulai dari kota besar sampai pelosok. Salah satunya Cecep Lutvi yang berasal dari Garut dengan judul video “Menu Unik Camping Ceria Tegal Munding”. Video inipun membawanya menjadi salah satu dari 20 peserta terpilih untuk mengikuti pelatihan Mojoc Coaching Clinic regional Bandung selama dua hari yang diadakan di kota Bandung. Dibantu oleh beberapa coach yang ahli di bidangnya, di tempat inilah mereka mengenal beberapa hal baru tentang tata cara membawakan berita, teknik mengambil gambar hingga cara editing video.

“Di hari kedua para peserta kembali diuji kemampuannya dalam menerapkan teori jurnalisme yang telah mereka serap dari para pelatih dan menuangkannya ke dalam video liputan. Peserta Mojoc Coaching Clinic pun ditugaskan mencari berita unik dan menarik di sekitaran Masjid Raya Alun-alun Bandung.” Tuturnya.

Menjelang sore hari video dari masing-masing peserta ditayangkan dan ditonton bersama sekaligus di review dan diberi masukan oleh para coach. Yang pada akhirnya diambil empat video liputan terbaik. Satu – satunya peserta yang berasal dari Garut dan biasa dipanggil Cepi yang dikenal sebagai reporter dramedia.id ini menempati posisi kedua terbaik pada hari itu. (HYG)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.