IJTI Garut Berbagi

dramedia.id,- Di sela kesibukan melaporkan perkembangan di lintasan mudik, menjelang mudik nasional berlangsung, dalam sepekan terakhir, wartawan televisi nasional di Garut, Jawa Barat, melakukan aksi mulia berbagi dengan para dhuafa.

Tahun ini untuk kali kedelapan, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kabupaten Garut, kembali berbagi dengan masyarakat kurang mampu. Bantuan tunai berupa uang hingga paket sembako, diberikan para reporter televisi itu.

“Hari ini ke tiga titik pembagian di Kecamatan Cilawu dan Bayongbong,” ujar Ketua IJTI Kabupaten Garut Ii Sholihin, di lokasi pembagian bantuan Kampung Waaspojok, Desa Kolot, Kecamatan Cilawu, Senin (27/5/2019).

Agendanya sebagai jurnalis lumayan padat, selain liputan, kesibukan lain adalah mencari bakal calon penerima. “Karena mayoritas yang kita berikan (bantuan) dulunya pernah menjadi narasumber kita, tapi dari kalangan tidak mampu,” kata dia.

Boi panggilan akrab Ii Sholihin di kalangan wartawan Garut, mengatakan mulai tahun ini pola pembagian lebih mengedepankan kualitas bantuan, daripada kuantitas penerima. “Total hanya 50 orang, tapi jumlah (bantuan yang diberikan) lebih besar, ” ujar dia.

Biasanya penerima bantuan IJTI peduli mencapai ratusan orang, namun jumlah (besaran bantuan) yang dibagikan) lebih kecil. “Sayang kalau hanya diberi Rp 200-300 ribu, mendingan orangnya sedikit tapi bantuan lebih besar dan bisa tepat sasaran, ” kata dia.

Tak mengherankan rata-rata penerima bantuan tahun ini, bisa mendapatkan hingga jutaan rupiah. “Ada sembako, ada juga buat membeli kebutuhan baju, ” ujarnya.

Adanya pembagian bantuan tunjangan hari raya yang dibagikan sepekan menjelang lebaran, mampu meringankan beban mereka. “Memang masih jauh dari kata sempurna, namun minimal bisa membantu yang cukup layak,” ujarnya.

Menurutnya, dana pembagian tunjangan yang diberikan, berasal dari para donatur yang bersifat tidak mengikat. “Tak sedikit mereka juga adalah narasumber juga, ” ujar dia.

Mereka yang berasal dari berbagai kalangan lapisan masyarakat tersebut, sengaja diajak berbagi dengan menyisihkan hartanya, dalam kegiatan IJTI peduli tersebut. “Ternyata responnya sangat baik dan mendukung, ” kata dia.

Dengan upaya itu, selain beramal juga mampu menjaga hubungan baik antara wartawan dan narasumber. “Tahun ini yang membantu kami ada dari Baznas, Polres Garut,  Pemda Garut dan banyak lainnya, ” papar dia. (Jayadi Supriadin)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.