Dandim 0611/Garut Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila, Ini yang Disampaikan

dramedia.id.- Peringatan Hari Lahir Pancasila dirayakan dengan menggelar upacara bendera yang di ikuti oleh jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0611/Garut. Meskipun Upacara digelar tengah Bulan Puasa dan hari libur, peserta upacara khidmat mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila, di halaman Makodim 0611/Garut, Jl. Veteran No.1 Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sabtu (01/06)

Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Kodim 0611/Garut, Letkol Inf. Asyraf Azis, S.Sos., DanUp. Kapten Inf Samud (Danramil 1122/Pakenjeng) Perwira Upacara. Kapten Caj (K) Muji Rahayu (Pasi Pers Kodim 0611/Garut) Pengibar bendera Provost Dim 0611/Garut, Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 Kapten Arh Edi Waryanto (Danramil 1101/GK diikuti Lk. 120 Personil Kodim 0611/Garut.

Inspektur Upacara Komandan Kodim 0611/Garut, Letkol Inf. Asyraf Azis, S.Sos., membacakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan Pandangan Hidup Bangsa yang digali oleh para Pendiri Bangsa merupakan suatu anugrah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 ini, dapat dijadikan sebagai tonggak, untuk memaknai lebih dalam Pancasila sebagai Ideologi Bangsa, Dasar Negara, dan Pandangan Hidup Bangsa, di tengah kehidupan keseharian. Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam negara kesatuan Republik Indonesia sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geografis yang posisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia.” kata Dandim.

Selain itu, apa yang selalu digaungkan oleh para pendahulu dan para tokoh bangsa, harus selalu dilaksanakan, demi mewujudkan Indonesia yang bersatu. Perbedaan dan keberagaman jangan menjadi penghalang untuk menyatukan tekad sebagai bangsa yang bersatu, dalam wadah NKRI.

“Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagamaan yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika.” Jelasnya. (HYG)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.