DLHK Garut Berencana Memberlakukan Hukuman Bagi Pelanggar Lingkungan Hidup

 Tumpukan Sampah di Sungai Cibolang Garut. (Foto: HYG/dramedia.id)

DRAMEDIA.ID,- Persoalan sampah di Kabupaten Garut terus meningkat. Pemerintah berencana menerapkan penegakan hukum bagi pelanggar lingkungan hidup.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Garut Guriansyah mengatakan pihaknya sedang mendalami rencana sanksi bagi warga yang buang sampah sembarangan.

“Kedepan kami akan berlakukan denda. Jadi buang sampah ke jalan, buang sampah ke sungai bisa didenda Rp50 ribu sampai Rp500 ribu, sesuai tingkat pelanggarannya.” ujar Guriansyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Pramuka, Garut, Rabu (12/06/2019).

Ia menegaskan, sanksi yang diterapkan berupa denda uang dengan jumlah yang beragam. Nantinya, Pemkab Garut akan membentuk tim penegak disiplin yang siap mengintai warga buang sampah di sembarang tempat. Tujuannya, untuk membuat warga Garut disiplin dan tidak buang sampah sembarangan.

“Kita berharap masyarakat bisa lebih sadar akan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Bisa dimulai dengan hal kecil seperti kesesuaian dalam menempatkan sampah pada tempatnya, waktunya tidak lebih dari jam 6 pagi dan lainnya,” katanya. (Tim DRA)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.