Gunung Tangkuban Parahu ditutup Akibat Erupsi

Jalan menuju kawasan wisata dan kawah Gunung Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat, ditutup. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

DRAMEDIA.ID,- Bandung Barat – Kondisi kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu di perbatasan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Subang berangsur kondusif pasca erupsi, Jumat (26/7/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.

Pada pukul 17.46 WIB, petugas menutup pintu menuju kawasan wisata dan kawah. Pengunjung dan pedagang di kawasan kawah telah selesai dievakuasi pada pukul 16.30 WIB.

Kapolsek Lembang Kompol Sutarman mengatakan belum ada korban jiwa yang terdeteksi, kendati begitu dilaporkan ada dua orang yang dilarikan ke klinik karena mengalami sesak nafas.

“Belum diketahui identitasnya apakah wisatawan atau pedagang, sekarang keduanya dibawa ke klinik Sespim,” ujar Sutarman di Pos Pemantauan PVMBG.

Menurutnya proses evakuasi berlangsung cepat. Pasalnya jumlah wisatawan yang berada di kawasan kawah berjumlah kurang dari 100 orang. “Sesuai informasi dari penjaga loket, memang jumlah kunjungan sedang ada penurunan,” katanya.

Saat ini pihak kepolisian masih menunggu hasil kajian dari PVMBG. “Bila kemungkinan ada situasi yang membahayakan kami akan segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan evakuasi,” ujarnya.

Sumber : Detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.