Dinas Kominfo Kabupaten Garut Boyong FK Metra Study Komparatif di Karanganyar

DRAMEDIA.ID,- Forum Komunikas Media Tradisional (FK-Metra) Kabupaten Garut mulai bergeliat menunjukan eksistensinya yang akan menjadi wadah pemersatu bagi pegiat seni yang ada di Kabupaten Garut, dalam salah satu perannya menyebarkan konten informasi positif.

Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Garut, Diar Cahdiar, di sela-sela Acara Kunjungan Kerja Studi Komparatif FK-Metra Kabupaten Garut di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jum’at (26/7/2019) mengatakan para penggiat seni dalam FK-Metra memiliki peran strategis dalam membantu pemerintah bidang penyebaran informasi tersebut.

Menurut Diar, sepulangnya dari Kabupaten Karanganyar diharapkan kegiatan studi komparatif ini dapat membentuk Pengurus FK. METRA Kabupaten Garut.

“Kedepan diharapkan FK. Metra di 42 kecamatan, menyusun programnya,” ujarnya.

Diskominfo sendiri ke depan berencana membuat program atau konsep pemersatu pegiat seni dalam satu panggung pementasan dengaan konten yang dibuat Diskominfo.

Diar menambahkan, Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) Garut yang sudah terbentuk harus berkolaborasi dengan FK Metra untuk mempublikasikan program pembangunan.

“Dengan terbentuknya kepengurusan FK Metra diharapkan kedepan tidak terputus kontak komunikasi sepulangnya dari Kabupaten Karanganyar,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publikasi, H. Yusep Ruslan, didampingi Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi Publikasi, Yanyan Agus Supianto, mengatakan Kegiatan Studi Komparatif FK Metra di Kabupaten Karanganyar merupakan bagian dari program Dinas Kominfo dalam peningkatan pelayanan informasi. Salah satunya melalui pemberdayaan FK Metra, yang bertujuan memberikan pengalaman dalam pengelolaan informasi berbasis masyarakat melalui potensi seni tradisional.

42 FK Metra yang sudah terbentuk merupakan mitra pemerintah dalam mendiseminasikan informasi, baik pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Bahwa pelibatan media tradisional merupakan salah saru media efektif dalam menyebarkan informasi kepada khalayak masyakat terutama daerah-daerah yang terbatas dalam pemenuhan hak memperoleh informasi.

Beberapa peserta yang turut dalam kunjungan tersebut merasa optimis keterlibatan pelaku seni tradisional dalam penyebaran informasi merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam.pembangunan di Kabupaten Garut.

“Saya merasa tersanjung terlibat dalam kegiatan yang digagas kominfo, pelaku seni merasa bergairah kembali,” kata Ricky, salah seorang peserta dari Kecamatan Cisurupan.

Berasamaan dengan kegiatan, telah pula terbentuk FK Metra Kabupaten Garut, sehingga pasca kunjungan ini akan segera menyusun formatur yang akan menentukan jalan organisasi.***jmb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.