Pererat Sinergitas, Bawaslu Garut Gelar Media Gathering

DRAMEDIA.ID,- Guna mempererat sinergitas dengan insan media, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut, menggelar kegiatan Media Gathering selama 2 (dua) hari, di Kampoeng Sampireun Spa & Resort. Sabtu (23/11/2019).

Hadir dalam acara tersebut ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Garut, dan 50 Awak Media yang tergabung dalam beberapa lembaga kewartawanan yakni, PWI, IJTI, PWRI, berlangsung santai dan ceria.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kabupaten Garut, DR. Hj. Ipa Hafsiah Yakin, S.E.,M.Si.,M.M, mengatakan, kegiatan Media Gathering adalah salah satu dari kegiatan Media Relations yang dilakukan oleh sebuah lembaga atau organisasi untuk menjalin hubungan yang baik dan harmonis untuk sering tukar pendapat terkait pemilu 2019 lalu.

Lanjut Hj. Ipa, secara esensial pemahaman Media Gathering merujuk pada tujuan untuk menciptakan hubungan yang baik dengan para pelaku media guna menempatkan informasi-informasi penting sebagai sumber berita yang dinilai penting untuk disampaikan dengan baik.

“Bawaslu merupakan badan publik yang tugas pokok dan fungsinya berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara atau anggaran pendapatan dan belanja daerah,” tuturnya.

PULUHAN awak media menghadiri undangan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut bertajuk ‘Media Gathering.’ digelar selama 2 (dua) hari di Kampung Sampireun, Garut.

Baca juga: Sebanyak 90 Peserta Ikut Pendidikan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif

Masih kata Ketua Bawaslu, “sebagai badan atau lembaga publik, Bawaslu Kabupaten Garut memiliki kewajiban untuk menyediakan dan memberikan atau menerbitkan Informasi publik yang berada dibawah kewenangannya kepada pemohon Informasi publik asalkan selama informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 7 UU No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik,” tegasnya.

“Media Gathering merupakan salah satu kegiatan komunikasi secara informal yang dilakukan oleh lembaga dengan media yang bertujuan untuk mempererat hubungan dan menjalin relasi melalui pertemuan informal dengan tujuan yang sama yaitu pemberian informasi mengenai sesuatu hal yang dimana nantinya akan di informasikan kembali kepada masyarakat luas melalui tayangan atau berita”, ujarnya.

Berdasarkan hal tersebut di atas, Hj. Ipa berpendapat, dalam rangka meningkatkan peran Media dalam pemberitaan Bawaslu Kabupaten Garut khususnya dalam Pemilu dan Pilkada dimasa yang akan datang, pihaknya (Bawaslu/Red) merasa sangat perlu menyelenggarakan kegiatan ini.

Kordinator Divisi Pencegahan Bawaslu Jawa Barat, Yulianto, S.H., secara resmi menutup kegiatan ‘Media Gathering’ tersebut. (HYG)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.