Bupati Garut Lantik 89 Kepala Desa Terpilih

DRAMEDIA.ID,- Bupati Garut H. Rudy Gunawan, S.H.,M.H.,M.P., secara serentak melantik 89 orang Kepala Desa (Kades) terpilih, hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang ke III Tahun 2019, dengan mengenakan Pakaian Dinas Harian (PDH) berwarna putih, dilapangan setda Garut. Senin (2/12/2019) pagi.

Sebelum melantik puluhan kepala desa, Bupati Garut Rudy Gunawan membacakan teks sumpah jabatan kepada kepala desa terpilih.

Dalam sambutannya, Bupati berharap kepada kepala desa terpilih agar bisa memajukan desanya, memanfaatkan dana desa sebaik mungkin dan menciptakan lapangan pekerjaan melalui BUMDes.

“Desa harus memiliki peran terdepan ketatanegaraan pemerintahan di Kabupaten Garut. Desa terdepan daripada kebijakan negara, sehingga kreativitas dan sumber daya manusia harus ditingkatkan untuk meningkatkan pengabdian pembangunan di Kabupaten Garut,” katanya.

Bupati Garut juga berharap setiap kepala desa dapat mengoptimalkan realisasi penerimaan Pajak. Sehingga dengan demikian dapat diterima oleh wajib pajak serta terus memberikan pembinaan kepada warga masyarakat tentang pentingnya membayar pajak PBB-P2.

“Karena kepala desa itu dekat dengan kepala daerah, jadi saya mohon begitu misalnya menerima uang Dana Desa sebesar Rp400 juta, maka wajib disetorkan Rp40 juta ke pajak daerah, atau ke kas negara sesuai dengan ketentuan yang berlaku, agar kita tidak mempunyai beban dan fitnah,” tegasnya saat ditemui awak media.

Bupati Rudy Gunawan menambahkan bahwa Garut termasuk dari delapan kabupaten di Jawa Barat yang kepala desa (kades)-nya kerap menunda-nunda pembayaran pajak. Oleh sebab itu, ia mengingatkan kepada para kades definitif, bila menerima uang langsung pajaknya disetorkan agar aman.

Dalam acara pelantikan tersebut, Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan 124 pilkades serentak di 35 kecamatan. “Kepada Kapolsek, Danramil, camat, dan tentu kami pun mengucapkan terima kasih kepada DPRD dan seluruh panitia di tingkat kabupaten atas pelaksanaan pilkades yang berlangsung dengan damai,” ujarnya. (HYG)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.