SIMANTU, Inovasi Unggulan Kampung Sigap Lodaya Covid-19 Sambut HUT Bhayangkara ke 74

DRAMEDIA.ID,- Melalui inovasi unggulan Sistem Monitoring Tamu (SIMANTU), Perum Bayongbong Asri, Desa Cinisti, melenggang mewakili kecamatan Bayongbong pada Lomba Kampung Sinergi dan Tanggap (SIGAP) Lodaya Covid-19, dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 74, yang diperingati setiap tanggal 1 Juni mendatang.

Berawal dari dinobatkan Kampung SIGAP Lodaya Covid-19 oleh Kapolsek Bayongbong, memaksa warga bangkit menciptakan inovasi baik dibidang sosial ekonomi seperti ketahanan seblak, es krim, kerajinan tangan rajutan, konveksi kerudung, dan kopi Cikuray, serta aplikasi pelayanan publik SIMANTU versi Beta.

Kepala Desa Cinisti juga sebagai Pembina Kampung Sigap Lodaya, Iwan Ridwan, S.I.P., menjelaskan ‘SIMANTU’ merupakan inovasi teknologi digital guna mengetahui siapa saja tamu yang datang ke perum Bayongbong Asri bisa diketahui identitasnya, karena wilayah ini merupakan akses keluar masuk warga kampung lain.

Baca juga:

“Dengan SIMANTU, pendataan tamu dilakukan secara online, dengan sistem seperti ini akan lebih mudah dan sederhana serta masyarakat akan lebih senang. Tujuannya, mempermudah monitoring data tamu yang masuk, guna mendukung terwujudnya Keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif.” Kata Iwan Ridwan saat ditemui dramedia.id. Rabu (24/06/2020).

Ia menambahkan, Saat ini, kita tengah dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, proses bangkit dari dampak pandemi, tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu waktu, dan komitmen bersama untuk menyikapinya. Terpenting adalah bagaimana semua (masyarakat/ red) bisa bertahan hidup di tengah situasi pandemi ini.

“Jika itu terwujud, maka kita patut untuk tidak khawatir lagi, ketika memasuki era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal Inovasi Pelayanan Publik, kita tidak akan lagi menjumpai situasi yang abnormal.” Jelasnya.

Hadir pada acara kunjungan penilaian Lomba Kampung Sigap Lodaya tersebut, Kabag Ren Polres Garut, Kompol Budimana, S,H., Kasat Bimas Polres Garut, AKP. Dudu Gunawan, S.H., Camat Kecamatan Bayongbong, Santari, S.Sos.,M.Si.,Kapolsek Bayongbong, AKP. Dedi Rustandi, Danramil 118/Bayongbong, Kapten Inf. Jaja, Wakapolsek Bayongbong, IPDA Bangbang Sudarsono, beserta para Kanit, Para UPT Kecamatan Bayongbong dan tamu undangan lainnya. (HYG)***

One thought on “SIMANTU, Inovasi Unggulan Kampung Sigap Lodaya Covid-19 Sambut HUT Bhayangkara ke 74

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.