Diskominfo Garut Gelar BID, “Pencegahan Covid-19 dan Pembentukan KIM Desa”

DRAMEDIA.ID,- Setelah sukses menggelar Bedah Informasi Desa (BID) di Kecamatan Samarang dan Malangbong, Dinas Kominfo dan Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) Kabupaten Garut, menggelar kegiatan yang sama di Kecamatan Cikelet. Selain menyosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, juga menyosialisasikan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tingkat desa. Jum’at (24/07/2020).

Menurut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Garut, Muksin, tahun 2019 telah terbentuk FK-KIM di 42 Kecamatan.

“Tugas kami tahun ini mulai dapat terbentuk KIM tingkat desa setelah terbentuk FK-KIM di 42 kecamatan,” ujarnya saat mendampingi Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, di Aula Kecamatan Cikelet.

dr. Helmi Budiman menyatakan, dirinya telah menugaskan Dinas Kominfo untuk melakukan pembinaan-pembinaan kepada masyarakat terutama terkait konten informasi yang baik dan informasi hoaks. Menurutnya dengan kondisi pandemi yang belum dapat diperkirakan kapan berakhirnya, maka seluruh warga masyarakat diharapkan untuk tetap hidup dengan mematuhi protokol kesehatan.

Wakil Bupati, dr. Helmi Budiman, membuka acara BID di Aula Kecamatan Cikelet, Jum’at (24/07/2020). (Foto: Yogi Budiman/Diskominfo Garut)

Baca juga:

“Terpaksa kita harus tetap menggunakan masker, sering mencuci tangan memakai sabun dan menjaga jarak dalam kerumunan,” ungkapnya.

Ia menilai, terbentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa-desa sebagai kelompok binaan Dinas Kominfo.

“Sebagaimana di dinas pertanian ada kelompok tani sebagai kelompok Binaan, di Dinkes ada Posyandu, maka di Diskominfo juga ada KIM dengan tujuan agar menjadi agen Informasi terlatih dan melek teknologi,” tegasnya.

Dinas Kominfo, imbuhnya, juga diharapkan melakukan sosialisasi secara masif ke masyarakat, apalagi kegiatan ini merupakan bagian pembinaan yang harus dilakukan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Garut, mengingat Kabupaten Garut yang sangat luas dengan penduduknya 2,7 juta jiwa dengan luas 306.519 hektar (ke tiga terbesar di Jawa Barat), akan terasa kecil ketika sudah menguasai teknologi informasi.

Ketua FK-KIM Kabupaten Garut, Janur M. Bagus menyambut baik program Diskominfo melalui pembentukan KIM Desa yang dapat berfungsi sebagai humasnya Desa, pasca terbentuknya FK-KIM di 42 Kecamatan. (Yan)***

One thought on “Diskominfo Garut Gelar BID, “Pencegahan Covid-19 dan Pembentukan KIM Desa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.