Bupati Garut: Tingkatkan Kinerja, Kedisiplinan, dan Kesungguhan Sebagai ASN

DRAMEDIA.ID,- Bupati Garut Rudy Gunawan menegaskan, selaku Aparatur sipil Negara (ASN) mempunyai keterbatasan dalam melaksanakan tugas, baik itu sebagai kepala SKPD dengan jabatan maksimal 5 tahun atau 5 tahun tidak diperpanjang oleh pembina kepegawaian.

“Maka segalanya kembali menjadi staf Pegawai Negeri Sipil biasa dengan batas usia 58 tahun, kecuali yang memangku jabatan Pejabat Tinggi Pratama Madya dan seterusnya kami pun mempunyai keterbatasan periodesasi,” ucapnya dihadapan 29 pejabat yang dilantik, di Lapang Setda, Senin (10/8/2020).

Sebagai bupati dan wakil bupati untuk dua periode (2019-2024), Bupati Rudy mengingatkan, sudah waktunya untuk meningkatkan kinerja, kedisiplinan, dan kesungguhan dalam rangka melaksanakan fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara di Pemerintah Kabupaten Garut.

“Saya dan dokter Helmi apalagi saya ini akan berakhir di Pemerintah Kabupaten Garut pada bulan Januari 2024 dan tentu kami tidak bisa lagi datang ke tempat ini, karena konstitusi menyatakan jabatan kepala daerah maksimal dijabat dua kali masa jabatan. Oleh sebab itu saya punya keinginan dan tentu keinginan saya dengan dokter Helmi ada dalam visi misi kita ada dalam RPJMD kita yaitu intinya kita menginginkan adanya satu situasi masyarakat Garut yang mempunyai kualifikasi sebagai daerah yang sejajar dengan daerah lainnya,” ungkapnya.

Bupati Garut Rudy Gunawan, Senin (10/08/2020), melantik 29 pejabat struktural, di Lapang Setda Garut. (Foto : Deni Septyan/Diskominfo Garut)

Rudy menambahkan, keinginannya mengejar ketertinggalan bahkan melampaui prestasi dari daerah-daerah lainnya.

“Saudara harus tahu bahwa income perkapita masyarakat Garut berdasarkan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) hanya 8 juta rupiah, sedangkan rata-rata Jawa Barat sudah hampir 12 juta rupiah kita tertinggal dari sisi income pendapatan suatu investasi,” katanya.

Untuk itu, tegas Rudy, hal-hal yang berhubungan dengan ekonomi harus mendapatkan perhatian serius, dan diharapkan aparaturnya paham terhadap kondisi itu, karena instrumen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat hanya satu, yaitu anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Saya berharap sebagaimana yang ditegaskan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia/Kepala Bappenas, bahwa salah satu cara bagaimana kita mengerti dengan belanja daerah- belanja daerah harus ditunjukkan terhadap multi-effect dari anggaran yang ditetapkan,” tegasnya.

Berkaitan dengan penanganan covid-19, bupati menyatakan akan menanggulangi dan menyiapkan ruangan kosong bilamana terjadi outbreak. “Kita harus mempunyai penanganan preventif sampai kepada unsur-unsur yang berhubungan dengan kuratif penanganan yang profesional,” ucapnya.

Bupati juga menyatakn rasa puasnya dengan penanganan covid-19 ini, mulai dari testing, tracking dan tracing yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, termasauk memberikan apresiasi kepada tim dokter yang merawat dengan baik.

Turut hadir dalam apel gabungan dan pelantikan, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Pj. Sekretaris Daerah Zat Zat Munazat, para staf ahli, asisten, dan para kepala SKPD, pejabat administrator dan pengawas

Para pejabat yang dilantik adalah

  1. Efi Rofiansyah, S.Sos semula Kepala Seksi Peralatan dan Perlengkapan pada Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) dipromosikan menjadi Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Disdamkar;.
  2. King Iwan Hendrawan, S.Sos., M.Si, semula Kepala Bidang Pengadaan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) dirotasi menjadi Kepala Bidang Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga menggantikan Drs. Gungun Gumbirawan yang menjadi Kepala Bidang Pengadaan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dispusip.
  3. Dian Hadiansyah, S.IP semula Pelaksana pada Satuan Polisi Pamong Praja Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan pada Bidang Penegakan Satuan Polisi Pamong Praja.
  4. Irma Mulyasari, S.Si., MM semula Kepala Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak Wilayah VI Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) mendapat promosi sebagai Kepala Seksi Pelayanan dan Pembinaan Kesertaan Keluarga Berencana pada Bidang Keluarga Berencana DPPKBPPPA.
  5. Ir. Aos Sutarman, M.Si Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perlindungan Perempuan dan Anak Wilayah III (DPPKBPPPA) dialihtugaskan menjadi Kepala UPT Perlindungan Perempuan dan Anak Wilayah VI (DPPKBPPPA).
  6. Wardi Sudrajat, S.IP Kepala Sub Bidang Pelayanan dan Keberatan pada Bidang Pendataan dan Penetapan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dialihtugaskan menjadi Kepala Seksi Kedaruratan pada Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
  7. Kalimusa Almasih, SH Kepala Sub Bidang Pengembangan Regulasi pada Bidang Pengembangan dan Kerjasama Bapenda mendapat tugas baru sebagai Kepala Sub Bidang Pelayanan dan Keberatan pada Bidang Pendataan dan Penetapan Bapenda.
  8. Yuli Satriyanti, S.Sos semula Pelaksana pada Badan Pendapatan Daerah mendapat promosi sebagai Kepala Sub Bidang Pengembangan Regulasi pada Bidang Pengembangan dan Kerjasama Bapenda.
  9. Kiki Aisyah, ST., M.Kom Kepala Subbagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Pendidikan (Disdik) digeser mengadi Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat pada Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Disdik.
  10. Tatang Hasan Nurdin, S.Pd semula Kepala Seksi Sarana Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat pada Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Disdik bergeser menjadi Kepala Subbagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Disdik.
  11. Makmun Gunawan, S.Ag. semula Kepala Seksi Sarana Prasarana Sekolah Dasar pada Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kepala Seksi Sarana Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat pada Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Disdik.
  12. Lilis Kaniawati Kartawiria, SE semula Pelaksana pada Dinas Pendidikan mendapat promosi menjadi Kepala Seksi Sarana Prasarana Sekolah Dasar pada Bidang Sekolah Dasar Disdik.
  13. Yati Heryati, SH Pelaksana pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah dipromosikan menjadi Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Tarogong Kidul.
  14. Disa Arisandi, SE semula Kepala Subbagian Keuangan dan BMD Kecamatan Cihurip dialihtugaskan menjadi Kepala Seksi Pelayanan Kecamatan Pakenjeng.
  15. Surahman, SE semula Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Ciwalen Kecamatan Garut Kota mendapat promosi menjadi Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Pakenjeng.
  16. Iwan Setiawan, SE semula Kepala Seksi Kemasyarakatan Kelurahan Sucikaler Kecamatan Karangpawitan dialihtugaskan menjadi Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Sukawening.
  17. Asep Supriatna, SE Kepala Subbagian Keuangan dan BMD Kecamatan Leuwigoong dialihtugaskan menjadi Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Cibatu.
  18. Otam Rustandi, S.IP Pelaksana pada Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik (Bakesbangpol) mendapat promosi sebagai Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Pamulihan.
  19. Apidin, S.Sos. Kepala Unit Pelaksana Teknis Perhubungan Wilayah II Dinas Perhubungan (Dishub) dialihtugaskan menjadi Kepala Unit Pelaksana Teknis Perhubungan Wilayah V Dishub.
  20. Sri Sukartiningsih Kepala Unit Pelaksana Teknis Perhubungan Wilayah V Dishub dialihtugaskan menjadi Kepala Unit Pelaksana Teknis Perhubungan Wilayah II Dinas Perhubungan.
  21. Drs. Ahmad Mustofa Pelaksana pada Kecamatan Banyuresmi dipromosikan menjadi Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Ciwalen Kecamatan Garut Kota.
  22. Wahyudin Suhaya, S.IP. Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Paminggir Kecamatan Garut Kota beralih tugas menjadi Sekretaris Kelurahan Muarasanding Kecamatan Garut Kota.
  23. Susan Wulansari, S.IP Pelaksana pada Kecamatan Garut Kota mendapat promosi menjadi Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Paminggir Kecamatan Garut Kota.
  24. Komarudin, S.IP Pelaksana pada Dinas Lingkungan Hidup dipromosikan menjadi Kepala Subbagian Keuangan dan BMD Kecamatan Samarang.
  25. Enden Dwi Purwaliyanti, S.Ag Pelaksana pada Kecamatan Wanaraja mandapat promosi menjadi Kepala Subbagian Keuangan dan BMD Kecamatan Wanaraja.
  26. Sunandar, SH Pelaksana pada Kecamatan Leles dipromosikan menjadi Kepala Subbagian Keuangan dan BMD Kecamatan Leles.
  27. Dedi Hermawan, SE Pelaksana pada Dinas Pertanian dipromosikan menjadi Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Pertanian Wilayah XIII Dinas Pertanian.
  28. Edi Kusnadi, SE Kepala Unit Pelaksana Teknis Perhubungan Wilayah IV Dishub beralih tugas menjadi Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Cimuncang Kecamatan Garut Kota.***YAN

3 thoughts on “Bupati Garut: Tingkatkan Kinerja, Kedisiplinan, dan Kesungguhan Sebagai ASN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.