Pabrik Batu Bata Merah di Karangpawitan Ludes Terbakar

DRAMEDIA.ID,- Sebuah pabrik pembuatan los batu bata merah, yang berada di Kampung Nangorak, RT 02, RW 08, Desa Sindangpalay, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Minggu (04/10/2020) pukul 13.30 WIB, terbakar.

Menurut Kepala Seksi Operasi Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut, Dhany Rhamdany, kebakaran terjadi di sebuah pabrik pembuatan lio batu bata merah berukuran 6 x 8 meter persegi, milik Dede (59) dan yudi (48) ukuran 2 x 10 meter persegi. Awal mula api berasal dari tungku pembakaran menyambar bangunan yang terbuat dari bambu dan atap kiray.

Untuk memadamkan api, petugas mengerahkan 3 unit Mobil Damkar ke lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.30 WIB. di bantu masyarakat setempat.

Beruntung dalam musibah kebakaran tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka, sementara untuk kerugian materi masih dalam tahap penghitungan.

Petugas pamadam kebakaran Disdamkar Garut, Minggu (04/10/2020), melakukan pemadaman dan pendinginan di Kampung Nangorak RT 02, RW 08, Kelurahan Desa Sindangpalay, Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut, minggu (04/10/2020), (Fhoto : Agus Rahmat/admin.Dinas Damkar Kab.Garut)***

Baca juga:

Dhany menambahkan, mengantisipasi terjadinya kebakaran, dihimbau kepada pemilik usaha batu bata agar selalu mengontrol saat proses pembakaran batu bata berlangsung. Masyarakat juga diupayakan menyiapkan kantong-kantong atau sumber air dan drafting point dalam rangka kesiapsiagaan apabila terjadi kebakaran.

Ia berharap, masyarakat dapat melakukan langkah antisipasi dengan saling mengingatkan menjaga lingkungan dari bahaya kebakaran, dan menyiapkan peralatan khusus untuk langkah cepat apabila ada musibah kebakaran.

“Oleh karenanya yang harus dilakukan oleh masyarakat yaitu berupaya meningkatkan Sistem Ketahanan Kebakaran Lingkungan (SKKL) dengan cara meningkatkan partisipasi dan kepedulian masyarakat,” ujar Dhany didampingi Komandan Regu 2 Hendra Rahadian. (Yan)***

2 thoughts on “Pabrik Batu Bata Merah di Karangpawitan Ludes Terbakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.