Akibat Hujan Deras, Sebuah Pohon Berdiameter 1,5 M Tumbang

DRAMEDIA.ID,- Akibat hujan lebat disertai petir dan gemuruh angin yang sangat kencang, sekira pukul 05.00 WIB, sebuah pohon jenis cangkring tumbang, di Kampung Ancol, RT 01/RW10, Desa Selaawi Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut. Sabtu (03/10/2020) lalu.

Berdasarkan laporan dari Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas pemadam kebakaran (Disdamkar) Bl. Limbangan, Selasa (5/10/2020). Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

Pihaknya mengerahkan enam personel untuk mengevakuasi pohon tersebut. Proses evakuasi sendiri dilakukan dengan menggunakan mesin gergaji guna memotong batang pohon yang diameter sekira 1,5 meter dan panjang mencapai 25 meter. Evakuasi berakhir pukul 18.15 WIB, dibantu aparat Desa dan warga setempat.

Petugas Rescue UPT Disdamkar Balubur Limbangan mengevakuasi sebatang pohon besar yang tumbang di Kampung Ancol RT 01/RW10 Desa Selaawi Kecamatan selaawi, Kabupaten Garut, Sabtu (03/10/2020). (Foto : Dok. Disdamkar Garut)

Kepala UPT Disdamkar Bl. Limbangan Syam Sumaryana, menuturkan, titik pohon tumbang terjadi tepat di depan Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Baca Juga :

Berawal dari laporan Kepala Desa Selaawi, Nunu (57), yang menghubungi UPT Damkar Bl. limbangan melalui call center 113. Dengan respons time 7 menit, jarak tempuh menuju ke lokasi sekitar 7 km.

Syam Sumaryana menghimbau kepada masyarakat di sekitar lokasi kejadian, agar lebih berhati-hati serta waspada dalam  menghadapi musim hujan dan angin kencang, waspadai pohon-pohon yang ada di dekat dengan rumah, bila perlu dilakukan penebangan pohon demi keamanan serta untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat membahayakan keselamatan dan kerugian.

“Warga masyarakat yang memiliki pohon di sekitar pemukiman atau rumah yang sekiranya membahayakan keselamatan agar ditebang, mengingat saat ini cuaca yang tidak menentu dan cenderung ekstrem,” ujar Syam didampingi komandan Regu 1 Hayatul Mudzakir. ***(Yan)

One thought on “Akibat Hujan Deras, Sebuah Pohon Berdiameter 1,5 M Tumbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.