Helmi Budiman Lantik Pengurus Anak Cabang Syarikat Islam di Sukaresmi

DRAMEDIA.ID,- Garut, Kecamatan Sukaresmi – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman sekaligus Ketua Dewan Cabang Syarikat Islam, melantik Pengurus Anak Cabang Syarikat Islam (PAC SI) Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, periode 2020-2025, Kamis (29/10/2020).

Dalam acara yang dihadiri unsur Forkopimcam, jajaran pengurus, kepala desa, dan tokoh masyarkat ini, Helmi mengatakan bahwa selaku Ketua Dewan Cabang tugasnya adalah memastikan masyarakat terkait tugas Syarikat Islam.
“Saya selaku Ketua Dewan Cabang yang tugasnya adalah memastikan masyarakat, terutama pimpinan dan anggota organisasi, berada pada garis perjuangan yang sudah ditetapkan,” ucap Helmi.

Untuk mengetahui garis perjuangan yang sudah ditetapkan, lanjut Helmi, semua pengurus dan anggota, harus mengetahui mulai dari awal berdirinya Syarikat Islam..“Pak Camat, Pak Kapolsek, saya tidak ingin ada lagi kejadian seperti di Cisompet, yang menganggap bahwa Syarikat Islam itu ISIS, karena Syarikat Islam sejarahnya sudah jelas berawal dari kekhawatiran, keprihatinan terhadap situasi ekonomi yang pada waktu itu makin lama, makin dikuasai oleh Belanda (VOC), sedangkan saudagar-saudagar pribumi sudah mulai terpinggirkan atau tersisih,” ucap Helmi.

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman melantik Pengurus Anak Cabang Syarikat Islam, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Kamis (29/10). (Foto : Yogi Budiman/Diskominfo Garut)

Helmi menjelaskan Syarikat Dagang Islam dibentuk dengan tujuan untuk mengemban tugas mulia yakni, mengangkat harkat derajat pribumi terutama dari aspek bisnis dagang, yang saat itu sudah hampir semuanya dikuasai VOC. Akan tetapi, lanjut Helmi, tidak cukup hanya itu saja, maka dibentuklah organisasi yang lebih luas tujuannya yaitu Syarikat Islam yang mana sampai dengan hari ini berdiri tegak, bahkan dalam perjananannya tahun 1917, Syarikat Islam mendeklarasikan bahwa Indonesia harus merdeka, yang waktu dulu ditentang oleh Belanda, bahkan tidak sedikit tokoh-tokoh yang mencibir.
“Yang Intinya dalam deklarasi, kita harus punya pemerintahan sendiri, tak bisa dalam jajahan terus, maka dideklarasikan pada waktu itu, terus berjuang dan berjuang, sepanjang 28 tahun, sehingga Alhamdulillah Indonesia merdeka tahun 1945,” ungkap Helmi.

Baca Juga :

Sementara itu, Kepala Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Asep Haris, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus DPC SI Kabupaten serta jajaran pengurus PAC yang akan dilantik. “Saya ucapkan terima kasih kepada DPC, ketua dewan dan ketua PAC yang akan dilantik,” ujar Asep.
Asep menambahkan Desa Sukalilah adalah desa yang memang benar-benar mampu mengamalkan demokrasi secara luas. Tidak hanya sekedar Syarikat Islam, organisasi yang lainnya pun juga ada disini.
“Artinya Bhineka Tunggal Ika, kemerdekaan demokrasi, benar-benar terjadi di Desa Sukalilah dan InsyaAllah akan membawa manfaat, membukan cakrawala berpikir kepada masyarakat. Apalagi, Syarikat Islam adalah organisasi pertama yang menyongsong perjuangan kemerdekaan Indonesia, terlepas dari pro dan kontra di masyarakat, tapi fakta membuktukan, organisasi pertama yang sampai saat ini masih eksis keberadaannya, dan ini organisasi yang hebat.” pungkasnya.***YAN

One thought on “Helmi Budiman Lantik Pengurus Anak Cabang Syarikat Islam di Sukaresmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.