Peran Bakesbangpol Garut dalam Menjaga Kondusifitas Garut

DRAMEDIA.ID,- TARKID — Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Garut, memiliki tupoksi dan peran dalam penciptaan kondusifitas kewilayahan, khususnya di daerah Kabupaten Garut.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Garut, Wahyudijaya, mengatakan, peran dan tupoksi Bakesbangpol tiada lain sebagai kepanjangan dari Bupati.

“Kalau dilihat dari tupoksi kami ini sebagai kepanjangan pimpinan, Bupati dalam hal ini, yang melaksanakan tugas-tugas proses penciptaan kondusivitas kewilayahan. Proses kondusifitas kewilayahan ini ada beberapa item penyebab, (contohnya) dari ketidakpuasaan, kekecewaan (terhadap kebijakan) dan lain lain sebagainya,” ujar Wahyudijaya saat ditemui di kantornya, Selasa (10/11/2020).

Ia menuturkan, pihaknya harus mampu menjadi penengah agar hal-hal seperti kekecewaan dan ketidakpuasan itu bisa tetap aman dan kondusif. Menurutnya, pihaknya harus mampu memediasi, memfasillitasi atau mengkanalisasi agar kemudian kekecewaan yang ada dari semua aspek itu bisa dikomunikasikan, sehingga berdampak terhadap kondusuivitas wilayah..

Wahyudijaya menyebutkan, saat ini di Kabupaten Garut ada sekitar 500 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tersebar di wilayah Kabupaten Garut. “Saya kira ada bebarapa komponen yang mengkristal di NGO (atau dikenal LSM) ya dari data terakhir kurang lebih mungkin di kisaran 500-an,” ungkapnya.***yan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.