Diskominfo Secara Sistematis Ajak Warga Garut Selalu Patuhi Prokes 3M

loading...

DRAMEDIA.ID,- TARKID — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut yang sekaligus sebagai koordinator humas dari gugus tugas Covid-19 Kabupaten Garut, setiap harinya memberikan informasi mengenai perkembangan Covid-19. Dalam hal ini, Diskominfo Garut memiliki beberapa cara untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat di Kabupaten Garut.

Kepala Diskominfo Kabupaten Garut, Muksin, mengatakan diskominfo bekerja sama dengan dinas kesehatan dalam penyebaran informasi mengenai perkembangan Covid-19 di Kabupaten Garut.

“Di masa pandemi ini memang Diskominfo jadi sebagai bagian dari gugus tugas, sebagai humas jadi kita secara real time setiap hari kita meng-update perkembangan daripada covid ini bekerja sama dengan dinas kesehatan kemudian kita memberikan informasi kepada masyarakat,” ujar Muksin saat ditemui di Kantor Diskominfo, Senin siang (23/11/2020).

Muksin menuturkan, kendala dalam penyebaran informasi seringkali tercampur dengan berita hoax yang tersebar di masyarakat.

Baca juga:

“Sebetulnya kendala yang kita hadapi informasi mengenai Covid-19 ini adalah terutama ini kan di masyarakat jadi dengan adanya teknologi, media sosial dan sebagainya kadang-kadang ini tercampur dengan berita-berita yang tidak benar atau berita-berita hoax,” ungkapnya.

Informasi yang disampaikan kepada masyarakat berupa informasi pentingnya penerapan protokol kesehatan seperti Strategi 3M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak. Hal ini perlu diterapkan agar pandemi ini terutama di Kabupaten Garut segera berakhir.

Dalam menangani hal tersebut, lanjutnya, pihaknya menggunakan media sosial seperti Youtube, Instagram dan Facebook, serta medin lain sebagai sarana penyampaian informasi Covid-19 kepada masyarakat.

“Jadi kita melalui berbagai saluran termasuk saluran youtube kemudian IG pemerintah kabupaten, kemudian facebook, kemudian videotron dan sebagainya kita menyampaikan penjelasan atau informasi-informasi kepada masyarakat tentang Covid ini,” lanjut Muksin.

Dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat yang memiliki kendala terhadap teknologi ataupun internet, diskominfo menyampaikan informasi secara berjenjang dari pemerintah kabupaten sampai ke lingkungan keluarga.

“Saya rasa meskipun dari sisi infrastruktur telekomunikasi misalnya secara menyeluruh kita memang belum memiliki coverage yang total, tapi saya yakin dengan penjelasan secara bertingkat bisa menerima informasi tentang covid seperti ini,” pungkasnya. ***yan

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.