Cegah Klaster Baru Penyebaran Covid-19, Pemerintah Desa Cibatu Bagikan Masker

loading...

DRAMEDIA.ID,- CIBATU — Berbagai upaya pemerintah telah dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona yang mewabah di masyarakat khususnya di Kabupaten Garut. Kepala Desa (Kades) Cibatu Dadang S. Yasin Ori, selaku Ketua Satgas Covid-19 Desa Cibatu, beserta tim membagikan masker untuk para warga yang melewati di sekitar Kantor Desa, Rabu (03/02/21).

Kades Cibatu Dadang S. Yasin Ori, mengatakan, dengan kesadaran masyarakat di Desa Cibatu dalam memakai masker sudah bagus.

“Alhamdulillah kami karena disini sudah terbentuk satgas covid desa yang kebetulan diketuai saya sendiri, dan senantiasa intens Satgas Covid tingkat RT (Rukun Tetangga), RW (Rukun Warga) dan alhamdulillah sampai sekarang masih berjalan dan barusan pun sudah kegiatan dalam rangka pelaksanaan PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar) perpanjangan yaitu barusan mengadakan pembagian dengan cara mencegat masyarakat yang lewat, alahamdulillah dari yang tersedia ratusan masker kami lihat dengan tim di sana yang tidak memakai masker hanya sedikit sekali dan Alhamdulillah kesadaran masyarakat Desa Cibatu sudah bagus,” ungkap Dadang.

Dadang menambahkan, pembagian masker ini dilakukan setiap ada kesempatan seperti saat diindikasikan ada kegiatan yang menimbulkan kerumunan seperti pengajian, shalat Jumat, dan kegiatan-kegiatan lain termasuk rapat di desa.

“Yang rutin itu jika ada kegiatan yang menimbulkan kerumunan agak banyaklah, seperti ada pengajian, shalat Jumat, terus ada kegiatan-kegiatan lain termasuk rapat di desa itu dibagilah,” tambah Dadang.

Desa Cibatu juga, imbuh dia, menerapkan program 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, Manjaga Jarak), hal ini dilakukan untuk memberi contoh kepada warga untuk menerapkan program tersebut.

“Adapun kebiasaan di kami termasuk di desa sendiri dicontohkan dengan adanya program 3M itu sudah dlaksanakan di setiap RT, RW, dan tempat ibadah sudah dipasang sebagai percontohan di desa,” imbuhnya.

Di Desa Cibatu sendiri menurut Dadang, sampai saat ini sudah ada 9 orang yang terkonfirmasi positif namun sudah dinyatakan sembuh, dan tidak ada warga yang meninggal karena Covid-19.

“Sampai saat ini di Desa Cibatu yang sudah, yang terkena bukan sudah ya, terpapar sampai saat ini ada sekitar ada sekitar 9 orang tapi alhamdulillah sampai saat ini sembuh semua dan sementara data untuk Desa Cibatu tidak ada yang meninggal,” ucapnya.

Dadang juga mengimbau kepada warga untuk selalu selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu 3M. Selain itu, ia juga menerapkan kebijakan untuk membuat sekat-sekat di kantor desa dan senantiasa memakai masker saat di kantor.

“Himbauan seperti yang umum saja seperti satgas-satgas lain kecamatan, kabupaten, provinsi, maupun tingkat pusat jangan di lupakan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, malah di (Kantor) Desa pun sudah memakai sekat-sekat dan senantiasa memakai masker dan alhamdulillah untuk saat ini stok masker kalo 1000 masih ada,” pungkasnya.***yan

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.