Disperkim Garut Terus Perbanyak Ruang Terbuka Publik

loading...

DRAMEDIA.ID,- WANARAJA — Pemerintah Kabupaten Garut, melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Garut, terus berbenah dan menata kota agar lingkungan yang ditempati oleh masyarakat bisa nyaman dan aman. Salah satu caranya dengan membuka Ruang Terbuka Publik (RTP) di kawasan permukiman agar tidak terlihat kumuh.

“Pembangunan Ruang Terbuka Publik di kawasan permukiman adalah untuk menyediakan sarana dan prasarana umum yang dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat dengan melakukan penataan ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman, dan fasilitas komunal atau ruang berkumpul yang melayani kepentingan komunal,” ujar Kepala Bidang Kawasan Permukiman, Disperkim Garut, Asep Robi Nugraha, saat diwawancarai di Taman Cinunuk, Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Kamis (17/12/2020).

Baca juga: 

Menurut Asep, banyak manfaat dari pembangunan RTP ini, salah satunya adalah meningkatkan taraf kebahagiaan masyarakat secara umum.

“Ruang Terbuka Publik yang baik diharapkan mampu mempertegas identitas suatu lingkungan hunian menjadi lebih inklusi dan memiliki daya tarik sosial-visual sehingga mampu meningkatkan taraf kebahagiaan masyarakat (citizen) secara umum,” ucap Asep.

Produk yang dihasilkan dari pembangunan RTP ini antara lain rekayasa arsitektural yang menitikberatkan pada aspek natural (vegetasi, taman, pagar hidup dan resapan air), aspek sosial (ruang komunal, aphitheater, wahana permainan, spot-selfie, dsb) dan aspek fungsional (tempat parkir, wastafel, sarana olahraga mini, dsb).

Tahun ini, Disperkim Garut telah menyelesaikan tiga pembangunan RTP di tiga lokasi yakni :

  1. RTP Suci Kaler : Luas Tapak : 216,5 m2, Nilai Kontrak : Rp. 190.331.000,-
  2. RTP Lebakjaya : Luas Tapak : 111,1 m2, Nilai Kontrak : Rp. 199.000.000,-
  3. RTP Cinunuk : Luas Tapak : 140 m2, Nilai Kontrak : Rp. 156.402.000,-

 

 

 

loading...

One thought on “Disperkim Garut Terus Perbanyak Ruang Terbuka Publik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.