Danrem 062/Tn Kolonel Inf. Asep Sukarna Dukung Gerakan Petani Milenial

loading...

DRAMEDIA.ID,- GARUT KOTA — Komandan Resort Militer (Danrem)  062/Tn, Kolonel Inf Asep Sukarna, S.Sos., S.I.P., M.M menyambut positif dan memberikan dukungan atas inisiatif kelompok Pemuda Peduli Sungai Cimanuk melalui gerakan Cimanuk Herang.

Dukungan Danrem tersebut disampaikan saat menerima silaturahmi pengurus Yayasan Pembangunan Intan Pangirutan (YPIP) yang mendorong gerakan para pemuda dalam program Cimanuk Herang melalui pendekatan pilot projek pengelolaan Sampah Mandiri, pemberdayaan ekonomi pemuda melalui peternakan dan pertanian yang lokasinya berada di Kawasan Pinggiran sungai Cimanuk di Kampung Sindang Heula, Kelurahan Sukamentri, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

“Pada dasarnya saya senang dan mendukung penuh inisiatif rekan rekan semua dalam program ini, karena program ini sangat bagus sebagai permodelan partisipatif masyarakat, apalagi diinisiasi dan digerakan oleh Petani Milenial, saya sangat mendukung,” Kata Danrem Kolonel Inf. Asep Sukarna saat menerima silaturahmi pengurus YPIP dengan inisiasi Rijal dari Petani Milenial, Jum’at (9/12/2022).

Danrem menyanggupi untuk melepas peserta dari pilot projek tersebut dengan melepas 15 orang peseerta yang dikirim YPIP untuk berlatih di Balai Diklat Sukabumi selama empat hari untuk belajar proses pengembangbiakan magot serta budidaya Puyuh serta pemanfaat sampah sebagai bahan yang akan dikelola diprogram tersebut.

Baca juga:

“Saya bantu siapkan untuk pelepasan peserta nanti dari sini (Makorem 062 TN/ red) kemudian saya juga nanti kalau diminta memberikan pembekalan saya dengan senang hati, kita undang juga Forkopimda dan unsur terkait lainnya agar ikut serta memberikan suport pada program ini,” ungkap Danrem.

Danrem menambahkan, jika dirinya dengan senang hati menerima ide serta gagasan atau program apapun yang datang dari warga masyarakat dan TNI dengan senang hati mendukungnya.

“Saya sendiri disini setiap hari menerima siapapun yang datang dan bertamu bersilaturahmi bertukar pikiran serta gagasan dalam membangun masyarakat kita, saya senang dan tidak pilih pilih mangga siapapun saya terbuka selama saya ada kesempatan dan waktunya,” ujarnya.

Sementara itu, Rijal Khoerul Ihsan petani Milenial sebagai inisiator program tersebut mengatakan program pemberdayaan pemuda ini, nantinya akan terus dikembangkan berbasis pedesaan terutama yang berada di sepanjang bantaran sungai Cimanuk. Dalam upaya, membantu program pemerintah yang juga tengah mencanangkan program rehabilitasi sungai Cimanuk seperti yang dilaksanakan pada program Citarum Harum.

“Nantinya program ini akan sejalan dengan program pemerintah dalam rehabilitasi sungai Cimanuk, kita melalui pemberdayaan pemuda dalam pengeloaan sampah mandiri serta pertanian dan peternakan nantinya akan memiliki irisan yang sama dengan program pemerintah lainnya,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih atas respon Danrem 062 TN yang mendukung penuh terlaksanakanya pilot projek tersebut yang memberangkatkan 15 Pemuda dari berbagai latar belakang.

“Menariknya yang kami latih dan berdayakan nanti adalah para pemuda yang sebelumnya pernah terpapar paham radikalisme (NII) eks pecandu Narkoba serta premanisme, saat ini alhamdulillah mereka telah siap terlibat aktif dalam program ini,” Imbuhnya.

Rijal juga menyebut sebagai induk dari program ini, pihaknya berlindung dibawah YPIP yayasan yang dibentuk bersama-sama rekan-rekannya untuk kelancaran realisasi program tersebut.***jmb

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *