Inovasi USG Dalam Mengembangkan Populasi Ternak Domba di Kabupaten Garut

loading...

DRAMEDIA.ID,- GARUT, Karang Tengah – Kabupaten Garut memiliki inovasi baru dalam pengembangan peternakan domba yaitu membuat USG (Ultrasonografi) untuk ternak domba.

Hal ini disampaikan Bupati Garut, Rudy Gunawan saat melakukan kunjungan pada kegiatan Panen Raya dan Distribusi Domba Penjantan di Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Desa Cinta, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut, Sabtu (19/12).

Dalam sambutannya, Bupati memohon bantuan kepada Menteri Koperasi dan UKM untuk mengembangkan populasi ternak domba yang sudah menjadi icon tersendiri di Kabupaten Garut.

“Sebagaimana tadi saya sampaikan, kami mohon bantuannya pak Menteri bahwa Garut ingin memiliki tiga juta populasi ternak domba karena di Garut ini ada pak Yudi Guntara yang menginisiasi adanya inovasi di dalam rangka pengembangan domba Garut,” ucap Bupati.

Bupati juga mengatakan, Kabupaten Garut sebelumnya telah mendapatkan penghargaan terkait inovasi USG untuk ternak domba di Kabupaten Garut sebagai langkah untuk mengembangkan populasi ternak domba. “Kami kemarin mendapatkan inovasi sangat tinggi dalam rangka pengelolaan pemerintah daerah diantaranya adalah inovasi kami membuat USG untuk ternak domba, jadi ada USG yang pakai mobil karena domba itu suka nipu juga, dia itu adalah bureuteu (buncit) tetapi dia itu ternyata bukan anak (hamil),” lanjut Bupati.

Bupati Garut, Rudy Gunawan menghadiri kegiatan Panen Raya dan Distribusi Domba Penjantan di Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Desa Cinta, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut, Sabtu (19/12/2020).
(Foto: Deni Septyan/Diskominfo Garut)

Selain itu, Bupati juga berterimakasih dengan adanya program OPOP yang telah dicanangkan untuk membantu perekonomian di Kabupaten Garut.

Baca Juga :

“Terimakasih pak maman dari BJB, juga ada Ketua Kadin dari Jawa Barat, HPDKI (Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia) dan beberapa pihak terutama Gubernur Jawa Barat yang sudah mentargetkan adanya OPOP yaitu One Product One Pesantren,” ujar Bupati.

OPOP ini disebutkan bisa meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat di Kabupaten Garut. “Nah ini adalah luar biasa, dengan adanya ini (OPOP) laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Garut insyaallah dalam keadaan meningkat, karena saya yakin kita semua mendapatkan sesuatu yang harus kita perhatikan yaitu meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat,” ucap Bupati.

Bupati Rudy menginginkan adanya kolaborasi yaitu closed loop yang dibuat di hortikultura dengan peternakan di Kabupaten Garut demi meningkatnya populasi ternak di Kabupaten Garut.***YAN

loading...

One thought on “Inovasi USG Dalam Mengembangkan Populasi Ternak Domba di Kabupaten Garut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.