Maman Nurjaman: Ingat !!! Jangan Main Layangan Dekat Jaringan Listrik

loading...

DRAMEDIA.ID,- KAB. TASIKMALAYA — PT PLN (Persero) Unit Pelayanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Garut kembali menggelar sosialisasi manfaat dan bahaya listrik, serta bahaya bermain layangan menggunakan benang kawat di sekitar SUTT/SUTET wilayah Tasikmalaya. Bertempat di Aula Desa Sundamenang, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Senin (13/9/2021).

Dalam sambutannya, Manajer PLN ULTG Garut, Maman Nurjaman menjelaskan, gangguan listrik yang diakibatkan layang-layang saat ini merupakan masalah serius, oleh karena itu PLN terus berupaya menekan gangguan pada sistem kelistrikan akibat layang-layang dengan sosialisasi berkala.

“Kami harapkan kerja sama dari semua pihak untuk menjaga keamanan instalasi jaringan listrik khususnya di jalur transmisi dengan tidak bermain layang-layang di dekat tiang listrik PLN sehingga pasokan listrik kepada pelanggan tetap aman,” Jelasnya.

Ia berharap, bermain layangan hendaknya dilakukan di lapangan terbuka, jauh dari jaringan listrik karena disamping dapat mengganggu pasokan listrik juga berpotensi besar membahayakan keselamatan jiwa selain mengganggu kontinuitas penyaluran listrik kepada masyarakat.

“Bahaya bermain layang-layang di dekat jaringan listrik berisiko tinggi, jika sampai tersangkut menara listrik atau jalur transmisi PLN, karena dapat menghentikan pasokan listrik masyarakat.” Harapnya.

Tak hanya itu, pihaknya (PLN/ red) terus melakukan sweeping untuk memastikan keamanan jaringan transmisi dari berbagai gangguan, termasuk gangguan material dari layang-layang berkawat yang putus dan tersangkut pada jaringan listrik, kerap menimbulkan persoalan pada layanan kelistrikan.

Manager ULTG Garut, Maman Nurjaman saat memberikan materi pada Sosialisasi manfaat dan bahaya listrik, serta bahaya bermain layangan menggunakan benang kawat di sekitar SUTT/SUTET wilayah Tasikmalaya. Bertempat di Aula Desa Sundamenang, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Senin (13/9/2021).***

Baca juga:

Sementara itu, pemateri sosialisasi, Hari Sabar menyampaikan, PLN akan terus melakukan upaya pencegahan gangguan terhadap keandalan pasokan tenaga listrik khusunya gangguan kelistrikan yang terjadi akibat layang-layang, aktif melakukan sosialisasi dan edukasi bermain layang-layang yang berbahaya bagi instalasi kelistrikan, guna meminimalisir kasus gangguan listrik di beberapa Kabupaten/Kota. Alhasil di tahun 2021 ini ada penurunan dibanding tahun sebelumnya.

“Kami harapkan kerjasama dari semua pihak untuk menjaga keamanan instalasi jaringan listrik, khususnya di jalur transmisi dengan tidak bermain layang-layang di dekat tiang listrik PLN, sehingga pasokan dan suplai energi listrik kepada pelanggan tetap aman,” ujarnya.

PLN juga telah bersinergi dengan pihak terkait seperti TNI, Polri, serta perangkat desa untuk melakukan razia ke lokasi-lokasi rawan gangguan listrik akibat layang-layang ini. Kegiatan ini secara berkala dilakukan di sejumlah daerah rawan layang-layang.

“Tim Gabungan tersebut melakukan penyisiran pemain layang-layang di sejumlah wilayah, melakukan penyitaan layang-layang berkawat serta memberikan edukasi kepada pemain layang-layang.” Pungkasnya. (HYG)***

loading...

One thought on “Maman Nurjaman: Ingat !!! Jangan Main Layangan Dekat Jaringan Listrik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.