Para Leader Hotel dan Restoran Ikut Pelatihan Teknologi Digital Blockchain

loading...

DRAMEDIA.ID,- Ketua Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) Kabupaten Garut, Janur M. Bagus yang juga founder komunitas Garut Digital Ekosistem mendapat giliran menjadi pemateri dalam sesi pelatihan berbasis kompetensi bagi para leader Hotel dan Restoran dibawah naungan PHRI BPC Garut.

Dalam sesi materi Leadership dan Digital Teknologi, Janur M Bagus memberikan pengenalan tentang teknologi Blockchain terkait posisi para leader di berbagai tempat atau departemen pada pengelolaan usaha hotel dan restoran.

“Ini materi lebih pada pengenalan teknologi Blockchain, dimana kedepan Garut bisa menjadi salah satu daerah melek blockchain yang melakukan kegiatan usaha berbasis teknologi Blockchain,” kata Janur disela-sela penyampaian materi bagi para peserta di Salegar Resto, Jalan Sawah Lega Cihuni, Kecamatan Pangatikan Garut, Senin (21/3/2022).

Menurut Janur, bicara Blockchain hari ini di Indonesia sudah ketinggalan 12 Tahun lalu di belahan negara lain di Eropa dan Amerika.

“Kita memang agak tertinggal namun kita harus bersiap melakukn edukasi dengan konsep teknologi ini karena siap tidak siap akan datang dan menghampiri kita. kuncinya satu silahkan siap berubah atau punah?,” Tegas Janur.

Ia menambahkan sudah hampir satu tahun ini pihaknya bersama FK-KIM dan penggiat digital di komunitas GDe (Garut Digital Ekosistem) melakukan edukasi Blockchain dengan konsep Digital Marketing, Digital Ekosistem dan Digital Ekonomi.

“Dalam Kitab Digital karya pakar Digital Blockchain, Ali Akbar mengusung DIMA DEKO DEMI yaitu sebuah konsep edukasi blokchain yang menyeluruh dan detail,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan, bahwa bicara Blockchain bukan hanya bicara Trading, bicara Trading juga bukan hanya Crypto dan Bicara Crypto bukan hanya Bitcoin.

“Ini penting harus selalu kita ingat jangan sampai terjebak dengan model model trading apiliator yang berujung masalah karena menganggap Blockchain hanya trading saja,” paparnya.

Terkait projek Blockchain di Garut, Janur menyebut pihaknya tengah mengencangkan komunikasi komunitas untuk Gamifikasi dan Tokenisasi.

”Kamunitas modal utama di Blockchain agar bisa melakukan Gamifikasi dan Tokenisasi, artinya kita bisa created uang digital sendiri yang didesain atas kesepakan komunitas dan siap dengan Gamifikasinya,”paparnya.

Kehadiran para leader Hotel dan Resto dengan pengenalan materi Blockchain karena mereka menjadi bagian dari Gamifikasi dan tokenisasi di projek Blockchain Garut. (JMB)***

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *