Pemkab Garut Bekerjasama Dengan FK KIM Garut Gelar Pelatihan Teknologi Digital Blockchain

loading...

DRAMEDIA.ID,- GARUT, — pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut bekerja sama dengan Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK KIM) Kabupaten Garut, menggelar Pelatihan Teknologi Digital Blockchain yang dilaksanakan di Ballroom Sabda Alam Hotel and Resort, Jalan Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Senin (18/10/2021).

Kepala Diskominfo Garut, Muksin, menyampaikan, teknologi digital ini mempunyai peluang dan tantangan tersendiri bagi masyarakat khususnya bagi warga masyarakat Kabupaten Garut.

“Peluangnya karena dengan digitalisasi nanti banyak peluang-peluang dari sisi ekonomi dan pengembangan diri untuk bisa meraih kesuksesan yang lebih besar lagi,” ujar Kadiskominfo saat diwawancari di Kantornya yang berlokasi di Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (19/10/2021).

Menurutnya, tantangan dengan digitalisasi ini arus informasi yang begitu cepat, banyak dan melimpah yang memerlukan kebijakan dari setiap individu untuk dapat menyaring informasi-informasi yang sekarang cukup banyak dan melimpah tersebut agar dapat disaring informasi-informasi yang bermanfaat bagi pengembangan potensi diri dan pengembangan sasaran masyarakat dan seluruh anggota.

Senada dengan Kadiskominfo Garut, Ketua Pelaksana yang juga menjabat sebagai Ketua FK KIM Garut, Janur M Bagus, mengatakan bahwa teknologi digital khususnya _blokchain_ memiliki peluang untuk menjadi sumber penghidupan, baik itu untuk personal maupun organisasi.

Ia menjelaskan, dalam teknologi digital blokchain ini, para peserta akan belajar 3 istilah digital, yakni digital marketing, digital ekosistem dan digital ekonomi atau dimadekodemi. Dengan harapan masyarakat Garut bisa melek digital versi teknologi _blockchain_.

“Kita ingin warga Garut saat ini termasuk warga melek digital versi teknologi blockchain, karena misalnya kita ada literasi digital, digital marketing , kalau di sini kita dari sisi komunitas belajar apa itu namanya dimadekodemi (atau) digital marketing,digital ekosistem, dan digital ekonomi,” jelas Janur

Sementara, Pakar Digital Blockchain, Ali akbar, yang menjadi pemateri menuturkan, blokchain merupakan salah satu teknologi yang bisa membantu masyarakat agar bisa lebih sejahtera.

“Blockchain ini sebenarnya teknologi yang membantu banyak masyarakat bisa lebih sejahtera karena salah satu inovasi di blockchain namanya crypto nah kalau orang sudah kenal crypto biasanya kenalnya dari bitcoin tapi bitcoin baru satu dari 121.800 (jenis) crypto makanya teman- teman di Garut ini mau kita ajakin ayo kenalan blockchain dari sisi crypto nya,” tuturnya.

Ali menjelaskan bahwa blockchain ini mampu melahirkan 10 profresi baru, sehingga menurutnya blockchain ini minimal 10 kali lebih hebat daripada internet. (Yan)***

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *