Pemkab Garut Canangkan Bulan Bakti PMI Tahun 2021

loading...

DRAMEDIA.ID,- GARUT, Tarogong Kidul – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mencanangkan Bulan Bakti PMI Tahun 2021 pada apel gabungan terbatas yang dilaksanakan di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda), Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (30/8/2021).

Bupati Garut, Rudy Gunawan dalam sambutannya menyebutkan bahwa selama ini PMI Kabupaten Garut memiliki dedikasi yang luar biasa. Atas dedikasinya itu, ia menginginkan adanya bank darah agar memudahkan pendistribusian darah di Kabupaten Garut.

“PMI telah memberikan pertolongan yang luar biasa, kita dukung kegiatan PMI sebagai gerakan gotong royong, karena kita juga ingin ada bank darah, nanti kami ingin Pak Wakil Bupati, Pak dr. Helmi sebagai Ketua PMI kira-kira bank darah yang kita simpan itu merupakan bagian yang penting karena masyarakat itu hampir 2,7 juta,” ucapnya.

Rudy menambahkan, saat ini BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial) mewajibkan kepada rumah sakit peserta BPJS wajib mempunyai bank darah di rumah sakitnya masing-masing.

Untuk itu PMI Kabupaten Garut haru,s membuat bank darah besar, dimana dalam pendistribusiannya setiap rumah sakit mengambil persediaan darah ke PMI dengan kompensasi.

“Jadi kalau bank darah kecil ada di rumah sakit, bank darah besar karena pengambilan darah itu harus ada PMI, dan tentu itu harus mempunyai bank darah yang besar didistribusikan ke masing-masing rumah sakit, biar rumah sakit nebus tidak apa-apa, tapi rumah sakit ke pasien itu gratis karena peserta BPJS,” ujarnya, seraya berharap hal ini bisa menjadi penguatan PMI dengan melakukan gotong royong.

Pada kesempatan ini, Bupati Garut memberikan bantuan kendaraan operasional berupa sepeda motor secara simbolis kepada PMI Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. (Yan)***

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.