Pemkab Garut Targetkan Untuk Meningkatkan Status IDM Kabupaten Garut di Tahun 2021

loading...

DRAMEDIA.ID,- GARKOT — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Aji Sukarmaji menuturkan, dari sisi IDM (Indeks Desa Membangun), Kabupaten Garut masih tertinggal, yaitu di urutan ke-6 dari bawah di tingkat Provinsi Jawa Barat. Maka, pihaknya bertekad akan terus berupaya untuk meningkatkan IDM Kabupaten Garut.

“Di Kabupaten Garut memang kita masih tertinggal di IDM ini dari urutan ke-6 dari bawah dan kita terus berupaya untuk meningkatkan Indeks Desa Membangun. Kita masih ada 32 desa tertinggal, terus kategori desa berkembang 282 , desa maju 102, desa mandiri 5 desa,” ucap Aji di hadapan peserta Muskerda (Musyawarah Kerja Daerah) yang digelar oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (ABPEDSI) Kabupaten Garut di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (6/3/2021).

Aji mengatakan, pihaknya menargetkan pada tahun ini (2021) untuk membebaskan desa tertinggal dan meningkatkan desa berstatus berkembang menjadi desa maju.

“Kita mempunyai target minimal tahun ini kita berupaya untuk di Kabupaten Garut ini membebaskan berdasarkan Indeks Desa Membangun membebaskan desa tertinggal. Dan desa mandirinya bisa meningkat kepada 10 desa mandiri dan desa berkembangnya bisa meningkat dari beberapa desa berkembang ke maju,” ujarnya.

Selain itu, Aji meminta BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Kabupaten Garut untuk bekerja sama dalam merencanakan peningkatan status desa berdasarkan Indeks Desa Membangun.

“Kami sangat mengharapkan bersama-sama dibangun, dibantu oleh pak ketua BPD di BPD di masing-masing desa untuk bersama-sama bagaimana merencanakan peningkatan status desa berdasarkan Indeks Desa Membangun,” pungkasnya. (Yan)***

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.