Dapur Bilik Kayu Terbakar, Respon Cepat Disdamkar Garut Cegah Api Merambat

loading...

DRAMEDIA.ID,- GARUT, Garut Kota – Kebakaran hebat terjadi pada rumah semi permanen milik seorang warga di Jl. Sadahurip, Desa Regol, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa sore (27/4/2021). Api membakar bagian dapur dengan luas area yang terbakar sekitar 15 meter persegi.

Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut mengerahkan 2 unit mobil pemadam dan 1 unit mobil komando untuk menjangkau ke TKP (Tempat Kejadian Pekara). Proses pemadaman api berlangsung selama 50 menit.
Pemilik rumah bernama Sondi (75) tinggal bersama istrinya, Siti (65) tinggal di rumah seluas 42 meter persegi.

Kebakaran diduga berasal dari tungku bara api untuk memasak dan merambat dengan mudah karena bahan bangunan bagian dapur yang terbuat dari bilik kayu. Beruntung, rambatan bisa dicegah oleh petugas dengan mendinginkan area yang belum terbakar. Setidaknya terdapat 2 bangunan yang terselamatkan, masing-masing adalah rumah semi permanen dengan luas sekitar 42 meter persegi, dengan total aset yang terselamatkan sekitar 350 juta rupiah.

Disdamkar Garut melakukan pemadaman pada objek ruangan dapur yang terbakar di rumah warga yang berada, Jalan Sadahurip, kelurahan Regol, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa sore (27/04/2021)
(Foto: Dok. Disdamkar Garut)

Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan, Wawan Sobarwan. di lokasi kejadian turut memberikan imbauan terhadap masyarakat untuk senantiasa waspada terhadap penyebab terjadinya kebakaran. Selain itu Kepala Seksi Pelayanan Non Kebakaran, Dadan Wandi Wandani juga menginformasikan beberapa hal untuk diperhatikan oleh masyarakat sehubungan dengan musim kemarau ini, diantaranya :
1. Periksa dan perhatikan kabel-kabel listrik agar tetap dalam kondisi yang baik, segera menggantinya jika terdapat kabel yang sudah rusak.
2. Pada saat melakukan pembakaran sampah, harus diperhatikan dan diawasi agar bisa dikendalikan rambatannya dan mencegah hal yang tidak diinginkan.
3. Pemakaian kompor, baik jenis kompor minyak, gas, hingga yang bersifat tradisional seperti tungku, perlu diperhatikan agar dimatikan ketika hendak meninggalkan rumah.***YAN

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.