Anggota KPU Kabupaten Garut Hilwan Fanaqi Mengundurkan Diri

loading...

DRAMEDIA.ID,- GARUT KOTA — Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut periode 2019-2024, Hilwan Fanaqi, S.I.P., mengambil sikap mengundurkan diri sebagai anggota di KPU Kabupaten Garut. Mundurnya Hilwan, dibenarkan oleh Ketua KPU Kabupaten Garut.

“Iya, sekira dua bulan yang lalu beliau menyampaikan niatnya untuk mengundurkan diri,” kata Ketua KPU Kabupaten Garut Dr. Junaidin Basri, S.Ag.,M.Pd., kepada dramedia.id, di Kampus STAIDA Garut, Jum’at (13/8/2021).

Mundurnya anggota KPU Garut itu, diketahui dari keterangan tertulis yang diterima. Dalam keterangannya yang bersangkutan memilih mundur lantaran sakit.

“Secara resmi surat pengunduran dirinya sudah kita terima. Tetapi, alasan beliau mengundurkan diri juga sudah disampaikan ke KPU RI,” ujar Junaidin.

Baca juga:

Menanggapi adanya surat pengunduran tersebut, Ketua KPU Kabupaten Garut, Junaidin Basri belum mau berkomentar banyak. Menurutnya, sebagai Ketua dirinya menghargai keputusan dari rekannya tersebut.

“Kita menghormati sikap yang diambil oleh yang bersangkutan, karena itu hak pribadi beliau,” kata Junaidin.

Junaidin menjelaskan mekanisme pengunduran Anggota KPU Kabupaten/Kota, terlebih dahulu diajukan ke KPU RI, setelah itu KPU RI akan mengeluarkan surat resmi.

“Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 37, mengatakan Anggota KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota berhenti antarwaktu karena meninggal dunia; berhalangan tetap sehingga tidak mampu melaksanakan tugas, dan kewajiban; atau diberhentikan dengan tidak hormat.” Jelasnya.

Junaidin Basri menambahkan, Pengunduran diri ditujukan ke KPU RI, nanti KPU RI yang menilai dan mempertimbangkannya. (HYG)***

loading...

One thought on “Anggota KPU Kabupaten Garut Hilwan Fanaqi Mengundurkan Diri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.