Awali Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Garut Gelar Apel Siaga

loading...

DRAMEDIA.ID,- GARUT — Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024 dimulai Selasa, 14 Juni 2022. Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut, Ipa Hafsiah Yakin berkeinginan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di kabupaten Garut berlangsung secara jujur dan adil, sesuai dengan amanat konstitusi.

Ketua Bawaslu Garut Ipah Hafsiah Yakin menyampaikan dalam sambutannya, Apel Siaga Kesiapan Pemilu 2024 sebagai bentuk Kesiapan Bawaslu Garut dalam Pemilu 2024 mendatang, membangun sinergitas dengan stakeholder terkait dan masyarakat secara umum. Bertempat di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Garut, Selasa (14/06/2022).

“Kami (Bawaslu Garut/ red) sudah mempersiapkan berbagai hal, mulai dari Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi, menggelar kegiatan dengan tema meningkatkan kapasitas Sumber daya manusia di lingkungan Bawaslu Garut”, Terangnya.

Ipah menambahkan, pihaknya melalui Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga telah melakukan MoU dengan beberapa lembaga perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Garut, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Garut, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW).

“Bawaslu Garut sudah mencetak kader Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP), yang berjumlah 241 orang”, kata Ipah.

Baca juga:

Selanjutnya, Divisi penyelesaian sengketa pemilu mengadakan simulasi sidang penyelesian sengketa proses pemilu dan simulasi penyusunan putusan. Divisi Penanganan Pelanggaran mengadakan penguatan kapasitas sumber daya manusia tentang regulasi pelanggaran tindak pidana pemilu, serta Divisi Hukum Humas dan Data Informasi sudah mempersiapan Bank Data terkait kebutuhan yang dimulai dari data setiap tahapan pemilu.

“Untuk menghasilkan Pemilu yang LUBER (Langsung Umum Bebas Rahasia) dan JURDIL (Jujur dan Adil) sesuai dengan amanat konstitusi, Bawaslu Garut mengimbau peserta pemilu (Partai politik) untuk mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, disamping itu mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam hal DPT( Daftar Pemilih Tetap)”, ujarnya.

Ipah menyampaikan, apabila ada masyarakat yang belum terdaftar di DPT segera menghubungi KPU (Komisi Pemilihan Umum) untuk perbaikan DPT tersebut, mengajak kepada stakeholder terkait untuk meningkatkan Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024.

“Seluruh pemangku kepentingan, peserta pemilu dan masyarakat harus berkomitmen tinggi untuk mengawal demokrasi yang sesuai dengan amanat konstitusi khususnya di kabupaten Garut”, pungkasnya. (HYG)***

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.