Tahun 2109 Angka Konsumsi Ikan Kabupaten Garut 37,41 kg/kapita/tahun, Naik 1,5 Persen

loading...

DRAMEDIA.ID,- GARUT, Wanaraja – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut menyatakan Angka Konsumsi Ikan (AKI) Kabupaten Garut, tahun 2019 mencapai angka 37,41 kg/kapita/tahun, naik 1,5 % dibanding AKI tahun 2018 sebesar 36,85 kg/kapita/tahun. Meski demikian dibanding angka nasional masih jauh dari target capaian yaitu 57,39 kg/kapita/tahun.

Kadiskanak Kabupaten Garut, Sofyan Yani, menyatakan, pentingnya mengkonsumsi bagi masryarakat agar gemar memakan ikan yang memiliki kandungan gizi cukup banyak, sehingga dapat menangani masalah stunting.

“Bahwa salah satu tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membiasakan masyarakat agar gemar memakan ikan, di mana ikan sendiri memiliki kandungan gizi yang cukup banyak,” ujar Sofyan Yani, di sela-sela kegiatan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), di Gedung Olahraga (GOR) Desa Sindangmekar, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Selasa (23/11/2021), bertepatan dengan Hari Ikan Nasional ke-8 Tahun 2022,

Selain menangani stunting, imbuh Sofyan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten Garut, yang masih jauh dari target capaian nasional.

Pelaksanaan kegiatan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di Gedung Olahraga (GOR) Desa Sindangmekar, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Selasa (23/11/2021).
(Foto: Anggana Mulia/ Sofyan Fauzi/ Diskominfo Garut)

Sofyan menambahkan, acara ini dilaksanakan setiap tahun dengan sasaran peserta adalah anak-anak usia dini, dikarenakan anak-anak lebih efektif memakan ikan sehingga bermanfaat untuk pertumbuhan.

Sementara itu, Bunda Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Garut, Diah Kurniasari yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, Gemarikan ini sebuah acara untuk menyosialisasikan masyarakat terutama anak-anak untuk gemar memakan ikan, untuk itu Diah berharap, melalui kegiatan ini kasus stunting di Kabupaten Garut khususnya di Desa Sindangmekar, yang masih terdapat lokus stunting, bisa berkurang bahkan bisa mencapai zero stunting.

“Mudah-mudahan dengan adanya kita memberi perhatian yang sangat banyak jadi stunting di Desa Sindangmekar ini bisa habis jadi anak-anak sehat nah ini salah satunya dengan memakan ikan,” ujarnya.

Camat Wanaraja, Mia Herlina menyambut baik pelaksanaan acara Gemarikan yang dilaksanakan di wilayahnya, apalagi antusiasme masyarakat untuk mengikuti acara Gemarikan ini sangat luar biasa.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat terutama anak-anak bisa terbiasa untuk mengkonsumsi ikan agar stunting di wilayahnya bisa semakin berkurang.***YAN

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.