Tim Penggerak PKK Bersama PMI Kabupaten Garut Gelar Donor Darah

loading...

DRAMEDIA.ID,- GARUT, Garut Kota – Tim penggerak PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Kabupaten Garut bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Garut menggelar kegiatan donor darah di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (30/3/21).Markas PMI Kabupaten Garut, menargetkan 300 labu darah dapat terkumpul. Kegiatan sosial ini dilaksanakan sehubungan dengan akan memasuki bulan suci ramadhan, dimana selama bulan suci tidak akan ada kegiatan donor darah.

“Hari ini kita menargetkan 300 labu darah bisa berhasil. Karena ini juga kaitannya kita akan menghadapi bulan suci ramadhan, yang jelas di bulan suci ramadhan tidak ada kegiatan donor darah. Jadi mudah-mudahan hari ini target kita bisa berhasil,” ujar Kepala Markas PMI Kabupaten Garut, Agus Heriyanto.

Agus menuturkan, berdasarkan data yang dihimpun oleh PMI Kabupaten Garut, kebutuhan persediaan darah rata-rata berjumlah 1.800 sampai dengan 2.000 labu darah perbulan. Jumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan darah dibeberapa rumah sakit di Kabupaten Garut, termasuk di dalamnya untuk kebutuhan penderita Talasemia.

Kegiatan Donor Darah yang digelar oleh Tim Penggerak PKK dan PMI Kabupaten Garut di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (30/3/2021).
(Foto: Muhamad Azi Zulhakim/ Rizqian Insan/ Diskominfo Garut)

“Berdasarkan data yang selama ini kami himpun kebutuhan darah di Kabupaten Garut itu rata-rata 1.800 sampai dengan 2.000 labu darah perbulan. Nah itu untuk memenuhi kebutuhan darah di beberapa rumah sakit di Kabupaten Garut, antara lain RS Dr Slamet, RS Guntur, RS Pameungpeuk, kemudian ada 2 rumah sakit swasta yaitu Intan Husada dan Rumah Sakit Nurhayati. Nah itu untuk kebutuhan darah masyarakat Kabupaten Garut termasuk didalamnya para penderita talasemia yang ada di Kabupaten Garut tercatat kurang lebih 300 orang,” tutur Agus.

Baca Juga :

Meskipun sedang dalam masa pandemi, Agus menyampaikan bahwa antusias masyarakat terhadap kegiatan donor darah di Kabupaten Garut relatif meningkat. Ia berharap masyarakat dapat lebih paham akan pentingnya donor darah. “Mudah-mudahan masyarakat Kabupaten Garut kedepan menyadari akan pentingnya donor darah. Dan mudah-mudahan donor darah itu menjadi gaya hidup yah, karena bagaimana pun mendonorkan darah itu tentunya akan menyehatkan bagi pendonor tentunya,” ucap Agus.

Senada dengan Agus, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Garut, Diah Kurniasari mengajak warga Garut untuk sadar akan pentingnya donor darah, dan berharap dapat melaksanakan kegiatan ini paling tidak 4 kali dalam setahun. “Ya mudah-mudahan kita rutinitas ini selalu kita laksanakan paling tidak setahun 4 kali, untuk seluruh masyarakat Kabupaten Garut untuk sadar akan perlunya donor darah. Karena kita tahu akan banyak membantu kepada masyarakat yang memerlukan darah. Karena kita tahu juga dengan donor darah badan sehat masyarakat selamat,” ujar Diah.

Arif Rihandani (41) seorang Driver ojek online yang turut serta dalam kegiatan donor darah mengungkapkan, ini adalah kali ke-64 Ia mendonorkan darahnya. Ia berharap apa yang Ia lakukan dapat membantu orang yang lebih membutuhkan. “Sudah melakukan donor darah sebanyak 64 kali. Kalau saya sih seperti biasa saja. Karena kalau tidak didonorkan , tubuh meminta untuk didonorkan, kalau nggak, gak enak badannya. Sebenarnya lebih ke dapat membantu orang yang membutuhkan darah. Sekarangkan banyak yang perlu darah, ada anak-anak yang talasemia dan ibu-ibu melahirkan, seperti itu,” tutur Arif.***YAN

loading...

One thought on “Tim Penggerak PKK Bersama PMI Kabupaten Garut Gelar Donor Darah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.